PT Daya Radar Utama (DRU) melaksanakan peluncuran kapal Sistem Kapal Inspeksi Perikanan Indonesia (SKIPI) Phase 1  pesanan Kementerian Kelautan dan Perikanan di galangan kapal unit Jakarta, Pelabuhan Tanjung Priok, (13 November 2015).

Kapal yang diberi nama  Orca 01 tersebut merupakan satu dari empat unit kapal sejenis yang dipesan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan kepada DRU. “Pelancaran berjalan dengan baik, lancar dan sukses,” kata Direktur Utama PT Daya Radar Utama Amir Gunawan.

DRU adalah salah satu perusahaan galangan kapal nasional yang berpengalaman lebih dari 40 tahun di bidang pembangunan kapal baru, reparasi, konversi kapal hingga design engineering.

Peluncuran kapal dihadiri Asep Burhanudin, Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (SDKP) Kementerian Keluatan dan Perikanan,  Nugroho Aji selaku Pejabat Pembuat Komitmen Satker Direktorat Pemantauan SDKP dan Pengembangan Infrastruktur Pengawasan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Hadir juga  Aris Rustandi, S.Sos, M.Si selaku Kasubdit Pengembangan Infrastruktur Pengawasan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Direktur Utama PT Daya Radar Utama Amir Gunawan, Managing Director PT Daya Radar Utama Agus Gunawan dan Direktur Keuangan Steven Angga Prana.

Kapal tersebut dibangun berdasarkan kontrak No. SJ.01.31.01/SKIPI/PPK/KPA.5-PSDKP/I/2013. Kapal SKIPI I memiliki spesifikasi yakni panjang keseluruhan mencapai 60,00 meter, lebar 8,60 meter dan tinggi 4,50 meter dengan sarat air mencapai 2,60 meter.

Kapal dengan bobot 600 Gross Tonnage ini, dapat melaju dengan kecepatan maksimum 24 knots karena didukung oleh main engine 2×2.560 KW. Memiliki daya jelajah hingga 14 hari dan dapat menampung 24 ABK.

Dengan spesifikasi seperti itu,  maka kapal ini sangat cocok untuk dioperasikan di  perairan Indonesia yang kaya akan sumber daya lautnya.

Selain itu, desain kapal ini merupakan hasil kerja sama antara desain nasional dengan konsultan dari Australia dalam rangka alih teknologi sebagaimana program Pemerintah.

Perancangan dan pembuatan desain sangat detail dengan memperhatikan identitas ke Indonesian dan mempertimbangkan kondisi alam Indonesia serta kemajuan desain-desain kapal dunia saat ini.