PT Daya Radar Utama menyerahkan satu unit kapal pandu pesanan PT Pelabuhan Indonesia I (Persero). Acara penyerahan kapal dilakukan di galangan kapal unit Jakarta, Pelabuhan Tanjung Priok.

Kapal pandu terbesar milik BUMN kepelabuhanan PT Pelindo I yang diberi nama Sei Deli V  tersebut akan digunakan  untuk meningkatkan layanan kepanduan kapal-kapal pada pelabuhan Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau.

Acara serah terima kapal yang berlangsung sekitar tiga jam di atas kapal Sei Deli V tersebut disambut baik oleh para kru kapal (ABK), bahkan sejumlah ABK terlihat antusias dan mengabadikan moment tersebut mengambil foto dari segala sisi kapal.

Dalam sambutannya, Direktur Utama PT Pelindo I (Persero) Bambang Eka Cahyana  mengatakan  kapal KT  Sei Deli V buatan galangan dalam negeri dalam hal ini PT Daya Radar Utama, merupakan tug boat terbesar yang pernah dimiliki dan dibangun oleh PT Pelindo I.

Selama  perjalanannya, kata Eka,  kapal tersebut dibangun dengan  design termegah di kelasnya karena didesain lebih detail dari biasanya dengan mempertimbangkan berbagai aspek seperti karakteristik, warna, visi  dan identitas perusahaan (corporate identity).

Setelah  proses acara pelepasan balon dan pemotongan tumpeng yang dilakukan secara bersama-sama dengan Direktur Utama PT Daya Radar Utama, Amir Gunawan, Bambang Eka Cahyana meninjau seluruh ruangan dalam Kapal Pandu Sei Deli V.

Kapal mulai dibangun pada Mei  2014. Saat dioperasikan, kapal dengan nomor lambung 308 dapat melaju dengan kecepatan hingga 12 knot. “Sebelum diserah terimakan, terhadap kapal ini, telah dilakukan uji coba berlayar dengan hasil sangat bagus dan memuaskan,” kata Amir Gunawan, Direktur Utama PT DRU.