JAKARTA—PT Daya Radar Utama sukses meluncurkan satu unit kapal Harbor Tug milik PT Pelabuhan Indonesia III (Persero)  yang dibangun di galangan unit Jakarta, Tanjung Priok, Kamis (23/2).

Peluncuran kapal yang dilaksanakan pada pagi hari  pukul 07.00 WIB. Acara dihadiri jajaran Komisaris dan Direksi PT Pelindo III (Persero) dan DRU antara lain Direktur Utama   Orias Petrus Moedak, Komisaris Utama Laks. Madya Purn TNI Hari Bowo, Direktur Komersial dan Operasi Mohammad Iqbal.

Dari DRU hadir Direktur Utama Amir Gunawan, Managing Director Agus Gunawan, Direktur Steven A. Prana dan M. Affandy. “Kapal ini sangat istimewa bagi kami karena didesign oleh disigner kapal top dunia Robert Allan,” kata Agus Gunawan dalam sambutannya.

Dia menjelaskan disign Robert Allan ini unit dan tidak mudah dikerjakan, akan tetapi Pelindo III mempercayakan pembangunan harbor tug tersebut kepada DRU. “Kami sangat berterima kasih dan bersyukur atas kepercayaan yang diberikan,” tambahnya.

Direktur Komersial dan Operasi PT Pelindo III (Persero) Mohammad Iqbal mengatakan pengadaan kapal ini bagian dari rencana peremajaan armada kapal tunda yang saat ini rata-rata berusia 19 tahun bahkan untuk kapal pandu saja rata-rata usia mencapai 21 tahun.

Dia menjelaskan dengan tambahan kapal ini serta 11 unit kapal yang akan segera diadakan, usia rata-rata kapal milik Pelindo III diharapkan menjadi 5 tahun pada tiga tahun ke depan.  “Sekarang masih ada kapal tunda kami yang lahir pada tahun 1970-an,” ujarnya.

Komisaris Utama Laks. Madya Purn TNI Hari Bowo menjelaskan peran kapal tunda ini sangat strategis, terlebih kapal jenis ini adalah pertama kali dimiliki oleh Pelindo III. Selain masalah ketersediaan kapal, masalah sumber daya manusia jauh lebih menentukan. “Kami minta agar SDM atas kapla ini segera disiapkan.