JAKARTA—PT Daya Radar Utama berkomitmen untuk segera menyelesaikan pembangunan Harbor Tug milik PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) yang dibangun di galangan unit Jakarta, Tanjung Priok.

Kali ini, kapal kedua dari delapan kapal yang dibangun DRU telah diluncurkan pada Rabu, (22/3). Kapal tersebut adalah Harbor Tug dengan nama KT. Jayanegara 301 dengan ukuran 2×1.500 Horse Power.

Peluncuran kapal dilaksanakan pada pagi hari, sekitar pukul 06.00 WIB di area galangan PT DRU unit Jakarta.

Acara dihadiri perwakilan PT Pelindo III yakni Pimpinan Proyek Umar dan Senior Manager Peralatan PT Pelindo III Dhoty serta jajaran Direksi PT DRU a.l  Managing Director Agus Gunawan, Direktur Keuangan Steven A. Prana dan Direktur Teknik M. Affandi.

Harbor Tug yang didesign oleh designer terkenal Robert Allan ini sangat unik dan tidak mudah dikerjakan oleh galangan nasional. Akan tetapi Pelindo III mempercayakan pembangunan harbor tug tersebut kepada galangan nasional, termasuk DRU.

Agus Gunawan mengatakan DRU sebelumnya pernah membangun harbor tug dengan sistem azimuth yang beberapa diantaranya merupakan pesanan PT Pelindo III (Persero). Akan tetapi, harbor tug kali ini memiliki keistimewaan karena kapal ii didesign oleh designer sekaliber Robert Allan.

Kapal ini memiliki standar tinggi dan dibangun dengan standard Class Lloyd Register disertai dengan pengawasan oleh PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero).